Translate

Selasa, 14 Oktober 2014

Cara membuat kap lampu LED dari bambu

Membuat lampu yang artistik & hemat energi punya nilai seni tersendiri, salah satunya memakai lampu LED yang daya pijarnya bisa diatur, lebih terang atau lebih redup, cocok dalam dan luar ruang. Kali ini, saya merakit lampu LED untuk di kamar mandi menggunakan kap dari bilah  bambu.
Setelah bambu dibelah dua, cat lapisan dalam dengan warna putih sebelum dipasangi rangkaian LED yang cukup bisa ditempelkan ke bambu dengan sekrup kecil yang diselipkan di antara kabel arus positif dan negatif. Pastikan kabel arus tidak sobel oleh sekrup dengan memberi ruang cukup antara kedua kutub kabel.

Kap bisa dipasang pada dinding dengan menggunakan sekrup yang sama. Jika bambunya terlalu tebal, bantu dengan membuat lubang kecil menggunakan bor.

LED yang saya gunakan berjumlah 9 bolam di mana 1 bolam = 1 watt, sehingga lampu yang saya pakai berdaya total 9 watt yang daya terangnya setara dengan bolam neon 20 watt. Ingat! jangan mencolokkan kabel arus langsung ke stop kontak listrik.Arus lampu LED pada dasarnya disuplai dari trafo khusus (lihat gambar).
Jika Anda punya masalah dengan pemasangan LED, jangan sungkan kontak:

Godam Creative Workshop
Hambalang Sporty Tools & Toys
0821-55315751

Tidak ada komentar:

Posting Komentar