Translate

Selasa, 21 Juli 2015

Touring PTC 2015 susuri Rocky Mountain di Puncak Dua

Jalur alternatif Puncak Dua menjadi rute favorit para pemudik karena jalur Puncak Ciawi akhir-akhir ini menjadi titik kemacetan terparah di Kabupaten Bogor. Meski terkenal rawan longsor, jalur Puncak Dua tak urung dihiasi pembangunan villa oleh sejumlah pemilik tanah dan pengembang, mengingat telah ditutupnya pemberian IMB untuk kawasan Puncak lama yang terbentang dari Ciawi hingga Cipanas.

HAMBALANG (Persbiro): Jalur Puncak Dua dalam dasawarsa terakhir menjadi tempat investasi pasif orang-orang berduit terutama warga Jakarta. Dalam satu cetak biru disebutkan bahwa jalur itu nantinya akan menjadi urat nadi yang menghubungkan Jabodetabek dengan kawasan Jonggol, Purwakarta hingga Cianjur sebagai kawasan penyangga logistik ibukota yang disebut sebagai Greater Jakarta.

Selain spekulatif, investasi tanah di kawasan Puncak Dua kerap diwarnai berbagai masalah mulai dari sengketa tanah hingga ke tindakan korupsi dari bupati hingga kepala desa yang berujung ke penjara. 


Jalur sepanjang 47 km yang menghubungkan kawasan Sentul dengan Cipanas itu berjalan tersendat sejak 2014 tatkala Bupati Bogor Rachmat Yasin ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dari pemantauan Persbiro, sejumlah lembaga termasuk sipil dan militer merupakan pemilik lahan di sekitar kawasan jalur itu, rata-rata dengan kepemilikan lahan satu hingga dua hektar. Umumnya, aset mereka diamankan dengan pagar kawat keliling, pagar beton susun hingga plang nama sebagai pemberitahuan kepemilikan.

Untuk mengikuti jalur ini dari Cianjur atau Cariu tidaklah sulit. Yang dijadikan patokan adalah barisan pegunungan bebatuan yang disebut sebagai Gunung Batu -- mirip Rocky Mountain yang mebentang mulai dari Colorado di AS hingga ke Kanada.  Di jalur itu ada tiga Gunung Batu sebagai penanda jalur, Gunung Batu satu, dua dan tiga.

Persbiro mengikuti secara visual jalur tersebut sejak Rocky Mount terlihat kecil dari kejauhan hingga tepat berada di bawah gunung tersebut (lihat foto).


Sepanjang 2015, Persbiro Touring Club (PTC) berencana mengadakan touring dengan sepeda motor, melihat dari dekat potret kehidupan masyarakat di pedesaan Indonesia, khususnya di kawasan Jawa Barat.

Acara ini digelar untuk semua kalangan yang punya hobi avonturir & jurnalistik, bisa mengendarai sepeda motor, punya sepeda motor sendiri (tidak berboncengan), surat-surat lengkap termasuk SIM & STNK dan kamera serta alat tulis. (ac)


Yang berminat silakan mendaftar ke sekretariat:

Persbiro Touring Club (PTC)
d/a Pondok Etawa Si Uda
Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Voice: 0821-55315751
Text: 0818-08357232


Rocky Mountain dilihat dari perbatasan Cianjur - Cariu

Latar Gunung Batu di belakang perumahan penduduk

Gunung Batu semakin dekat di mata

Rocky Mountain dari kawasan rawan longsor dekat jalur Puncak Dua

Inilah alasan kenapa longsor rawan terjadi

Mulai memasuki pintu kawasan Rocky Mountain

Rocky Mountain sudah di depan mata

Kawasan ini prospek sebagai tempat wisata alam

Seorang biker PTC dengan perbekalan & peralatan lengkap dengan latar belakang Rocky Mountain




.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar